Kriteria untuk Kualitas dalam Informasi


Lingkup Cakupan
Cakupan cakupan mengacu pada sejauh mana sumber mengeksplorasi suatu topik. Pertimbangkan periode waktu, geografi atau yurisdiksi dan cakupan topik terkait atau sempit.

Kiat: Saat mencari informasi tentang ruang lingkup cakupan database, cari tanggal dan informasi tentang materi yang dikecualikan. Apakah basis data mencakup periode waktu yang menarik bagi Anda? Apakah itu mengecualikan artikel tertentu karena masalah lisensi hak cipta?

Wewenang
Otoritas mengacu pada keahlian atau status resmi sumber yang diakui. Pertimbangkan reputasi penulis dan penerbit. Ketika bekerja dengan informasi hukum atau pemerintah, pertimbangkan apakah sumbernya adalah penyedia resmi informasi tersebut.

Kiat: Penulis yang diakui sebagai pakar di antara rekan-rekan mereka biasanya dikutip dan ditinjau dalam literatur. Jika sumber mengklaim status resmi (mis., DPR adalah penerbit resmi Kode AS), Anda harus dapat memverifikasi klaim tersebut.

Objektivitas
Objektivitas adalah bias atau pendapat yang diungkapkan ketika penulis menafsirkan atau menganalisis fakta. Pertimbangkan penggunaan bahasa persuasif, presentasi sumber dari sudut pandang lain, itu alasan untuk memberikan informasi dan iklan.

Kiat: Semua tulisan, kecuali untuk penyebaran fakta murni, mengandung sejumlah bias. Apakah sumbernya memberikan sudut pandang yang seimbang? Apakah penulis ingin mempengaruhi perubahan? Apakah iklan memengaruhi konten?

Ketepatan
Akurasi menggambarkan informasi yang secara faktual tidak dapat disangkal dan lengkap. Pertimbangkan kebijakan pengeditan dan penerbitan sumber. Apakah ditinjau sejawat? Apakah itu pengecekan fakta sebelum dipublikasikan?

Kiat: Anda harus dapat memverifikasi informasi yang benar secara faktual seperti informasi untuk software rumah sakit. Apakah ada dua atau lebih sumber terpercaya yang memberikan informasi yang sama?

Ketepatan waktu
Ketepatan waktu mengacu pada informasi yang terkini pada saat publikasi. Pertimbangkan tanggal publikasi, pembuatan dan revisi. Waspadai skrip situs Web yang secara otomatis mencerminkan tanggal hari ini di sebuah halaman.

Kiat: Informasi yang diberikan mungkin terkini pada saat dipublikasikan. Bisakah Anda menentukan tanggal publikasi? Apakah tanggal revisi hanya mencakup perubahan konten atau revisi estetika?


Subscribe to receive free email updates: